24.2.15
10 Bangunan Terluas di Dunia
Salah satu wujud majunya peradaban suatu bangsa dan semakin berkembangnya teknologi adalah adanya sejarah fisik. Sejarah fisik ini dapat berupa bangunan. Banyak bangunan termegah yang telah dibuat oleh tangan kreatif. Ini adalah bangunan terluas dengan arsitektur yang menawan di dunia, jangan satupun anda lewatkan! Berikut 10 Bangunan Terluas di Dunia :
1. Dubai International Airport, Dubai
Dubai International Airport adalah bandara terbesar di dunia, dengan 97 escalator, 157 lift, 180 check-in counters, dan ruang parkir yang sanggup menampung sampai 2600 mobil membuat bandara ini terpilih sebagai bangunan terluas di dunia dengan luas total banguna mencapai 1,500,000 m².
2. Aaalsmeer Flower Auction, Belanda
Aaalsmeer Flower Auction adalah sebuah pusat pasar bunga dunia, setiap harinya, ribuan dan jutaan bunga datang untuk dipasarkan ke Belanda dan seluruh Eropa, luas pasar bunga terbesar di dunia ini mencapai 990,000 m².
3. Beijing Capital International Airport, China
Beijing Capital International Airport adalah bandara penting di china, Beijing Capital International Airport tercatat sebagai bandara tersibuk ke 8 dunia serta bandara terluas ke 2 di dunia, luas bandara ini mencapai 986,000 m².
4. The Venetian, Makau, China
Sebagai tujuan wisata utama sekaligus ajang judi Dunia, makau memerlukan sebuah tempat komplek yang didalamnya ada kasino, hotel, mall dan sebaginya. dan The Venetian lah jawabanya, tempat ini memenuhi semua syarat sebagai tempat rehat wisatawan Makau, luas The Venetian ini mencapai 980,000 m².
5. Berjaya Times Square, Malaysia
Berjaya Times Square adalah sebuah pusat shoping dan hiburan terbesar di malaysia. Di dalam Berjaya Times Square terdapat dua hotel bintang lima, pusat perbelanjaan, kantor, Taman Indoor, dan fasilitas mewah lainya, luas bangunan ini adalah 700,000 m².
6. The Palazzo, USA
Peringkat 6 masih tetap ditempati oleh Amerika serikat, namun kali ini bukan bangunan kemiliteran, melainkan sebuah Hotel dan kasino megah yang berada di Amerika serikat. The palazo hotel and Resort merupakan bangunan mewah dengan konstruksi kelas satu. Luas bangunan ini mencapai 645,581 m².
7. Pentagon, USA
Pentagon adalah markas pusat militer dan pertahanan Amerika serikat, jadi tak heran jika pentagon mempunyai luas yang sangat luar biasa, hal ini dikarenakan di Pentagon terdapat banyak senjata dan berbagai teknologi kemiliteran milik Amerika serikat, luas seluruh bangunan ini mencapai 610,000 m².
8. K-25, USA
K-25, USA adalah sebuah pusat produksi dan penelitian uranium milik amerika serikat yang berada di daerah Tennesee. bangunan ini dibangun pada tahun 1945 dan menghabisakn biaya sampai 512 juta dollar. seluruh area bangunan ini adalah seluas 609,000 m².
9. Hong Kong International Airport
Peringkat sembilan masih tetap dikuasai oleh bandara, namun kali ini bukan dari asia tenggara, melainkan dari china, yaitu Hong Kong International Airport, sebagai salah satu bendara tersibuk di dunia, bangunan bandara ini mempunyai luas sebesar 570,000 m².
10. Suvarnabhumi Airport, Thailand
Boleh dibilang bahwa bandara Suvarnabhumi Airport adalah salah satu bandara terbesar di asia tenggara, dengan ruang tunggu yang luas serta ruang kendali dan administrasi yang luas juga, total luas seluruh bangunan ini adalah sebesar 563,000 m² (lapangan landasan pesawat tidak masuk hitungan)
Src : Card
Eo : Ahmad Zaman Huri
Kawasan Rawan Bencana Gunung Api Soputan
Hari ini 3 Februari 2015, Gunung Api Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, memuntahkan lava pijar. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PBMBG) mencatat bahwa gunung api Soputan ini termasuk dalam gunung api jenis Strata tipe A. Dibandingikan dengan gunung api lain yang terdapat di provinsi Sulawesi Utara, gunung api Soputan termasuk gunung api yang sering “bangun” dan menunjukkan “taringnya”. Karena keganasan gunung api ini, sudah seharusnya kita memahami gunung api tersebut dengan baik. Salah satu pemahaman yang harus kita punya adalah informasi kawasan rawan bencana gunung api Soputan apabila gunung api ini terus menunjukkan ”taringnya’.
Kawasan Rawan Bencana Gunung Api Soputan
Gunung api Soputan memiliki tiga tingkatan kawasan rawan bencana yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk menyelamatkan diri. Peta kawasan rawan bencana ini dibuat oleh Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Seperti apa peta tersebut, mari kita lihat.
Peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) gunung api Soputan di Sulawesi Utara (PVMBG, 2011)
Sebagaimana peta di atas, maka kawasan rawan bencana gunung api Soputan dapat di bagi dalam tiga zona kawasan rawan bencana dengan lingkupan daerah terdampak langsung (bahaya primer) dan tidak langsung (bahaya sekunder) sesuai dengan cacatan dari peta tersebut.
- Kawasan Rawan Bencana I (Kuning); kawasan ini adalah kawasan yang berpotensi terkena lontara abu vulkanik dan lontara batu pijar serta berdampak aliran lahar sepanjang aliran hujan yang hulunya dari atas gunung api. Untuk kawasan yang berpotensi dilanda lahar dingin antara lain Royongan papang, Londola kalewaha, Royongan Lowian, Royongan Ranowangka, dan Londola Mamaya. Untuk kawasan yang berdampak lontaran atau hujan abu vulkanik dan batu pijar dengan radius dari sumber letusan 9-10 km, hal ini sesuai dengan pengalaman letusan 16 Mei 2000.
- Kawasan Rawan Bencana II (Merah Muda); bahaya yang ada pada kawasan rawan bencana II ini dapat berupa aliran lava, aliran lahar, awan panas, aliran piroklastik dan lontaran batu pijar dari hasil erupsi freatik. Apabila ada peningkatan status gunung api, masyarakat atau wisatawan yang berada pada kawasan ini diharuskan mengungsi. Daerah yang berpotensi dilanda aliran lava pada kawasan yang dekat aliran sungai yang berhulu di daerah puncak dan agak sedikit ke arah baratdaya hingga sebelah Utara Silian sejauh 7 km dari pusat erupsi. Sebagian lagi ke arah selatah melalui celah antara punggungan Kuntung Manimporok dengan Dungusan Kalewung hingga ke kawasan kebun kelapa dekat desa Winorangian. Kawasan yang berpontesi terlanda awan panas apabila terjadi letusan yang besar adalah lereng barat mengikuti lembah-lembah hulu sungai yang berasal dari puncak yang diperkirakan berjarak 8 Km. kawasan yang berpotensi jatuhan abu lebat dan lontara batu pijar dalam radius 10 km dari pusat erupsi. Daerah yang terlanda jatuhan abu lebat ini sangat bergantung pada arah angin ketika terjadi erupsi gunung api.
- Kawasan Rawan Bencana III (Merah); Ini adalah kawasan terdekat dengan pusat erupsi dan paling parah terdampak aliran lava, guguran lava, awan panas, hujan abu lebat, dan jatuhan bom gunung api. Pemukiman terdepat dengan sumber erupsi adalah kawasan Winorangian yang berjarak 7 km. Pengalaman letusan tahun 1995, aliran lava berdampak sampai jarak 6 km dari pusat erupsi ke arah baratdaya. Untuk awan panas, berdasarkan letusan tahun 2000 hanya melanda lereng sebelah barat sekitar puncak. Lontaran batu pijar dan hujan abu lebat berada pada radius 4 km dari pusat erupsi/letusan.
Semoga informasi tentang kawasan rawan bencana gunung api Soputan ini bermanfaat bagi kita dan masyarakat yang tinggal dekat dengan gunung api tersebut.
Src : Ibn
Eo : Ahmad Zaman Huri
Karya Seni dari Dahsyatnya Petir yang Menyambar Pasir
Kebanyakan orang mungkin tidak pernah melihat fulgurite, atau banyak yang mungkin tidak tahu bahwa itu adalah fulgurite saat melihatnya. Fulgurites adalah tabung alam atau kerak kaca dibentuk oleh fusi dari pasir silika (kuarsa) atau batu dari sambaran petir. Bentuk mereka meniru lintasan petir yang menyebar ke dalam tanah.
Semua sambaran petir yang menghantam tanah mampu membentuk fulgurites. Suhu setinggi 1.800 derajat Celcius diperlukan untuk mencairkan pasir secara seketika dan membentuk fulgurite (sambaran petir yang paling tidak memiliki suhu 2.500 derajat Celsius). Fulgurites telah ditemukan di seluruh dunia, tetapi relatif jarang terjadi.
Dua jenis fulgurite yang telah diakui: fulgurite pasir dan batu. Fulgurites pasir adalah yang paling umum dan biasanya ditemukan di pantai atau daerah gurun yang mengandung pasir kering yang bersih (bebas dari lumpur halus atau tanah liat). Mereka menyerupai akar atau struktur bercabang seperti tabung yang memiliki permukaan kasar, ditutupi dengan butiran pasir sebagian meleleh.
Tabung pasir fulgurite memiliki interior kaca, karena pendinginan cepat dan pemadatan pasir setelah sambaran petir. Ukuran dan panjang fulgurite tergantung pada kekuatan sambaran petir dan ketebalan lahan pasir.
Banyak pasir fulgurites yang berdiameter 1 atau 2 inci dan panjangnya bisa sampai 30 inci. Fulgurites pasir telah ditemukan di gurun Utah dan di atas beberapa puncak yang lebih tinggi dari Wasatch Range.
Coatings atau remah kaca terbentuk pada batuan dari sambaran petir disebut fulgurites rock atau batuan fulgurite. Fulgurites ini ditemukan berupa urat atau saluran bercabang pada permukaan batu atau lapisan fraktur yang sudah ada dalam batuan induk. Fulgurites batuan terutama ditemukan di sekitar puncak gunung.
Kaca terbentuk saat petir menyambar pasir atau tanah. Fosfat yang mengandung pasir menyatu dan berubah menjadi fosfit. Di tengah adalah kerikil granit kecil yang terjebak selama pembentukan kaca. Sebuah lintasan listrik terlihat sepanjang permukaannya, meninggalkan bukti permanen.
Puncak gunung adalah penangkal petir alam yang berulang kali dihancurkan oleh sambaran petir selama cuaca buruk. Batu fulgurites dapat ditemukan di seluruh pegunungan di dunia, termasuk pegunungan Alpen Perancis (Mont Blanc), Pyrenees Range, dan pegunungan AS seperti Sierra Nevada, puncak gunung berapi Cascade Range, Rocky Mountains, dan Wasatch Utah Range.
Continue lendo

Semua sambaran petir yang menghantam tanah mampu membentuk fulgurites. Suhu setinggi 1.800 derajat Celcius diperlukan untuk mencairkan pasir secara seketika dan membentuk fulgurite (sambaran petir yang paling tidak memiliki suhu 2.500 derajat Celsius). Fulgurites telah ditemukan di seluruh dunia, tetapi relatif jarang terjadi.

Dua jenis fulgurite yang telah diakui: fulgurite pasir dan batu. Fulgurites pasir adalah yang paling umum dan biasanya ditemukan di pantai atau daerah gurun yang mengandung pasir kering yang bersih (bebas dari lumpur halus atau tanah liat). Mereka menyerupai akar atau struktur bercabang seperti tabung yang memiliki permukaan kasar, ditutupi dengan butiran pasir sebagian meleleh.

Tabung pasir fulgurite memiliki interior kaca, karena pendinginan cepat dan pemadatan pasir setelah sambaran petir. Ukuran dan panjang fulgurite tergantung pada kekuatan sambaran petir dan ketebalan lahan pasir.
Banyak pasir fulgurites yang berdiameter 1 atau 2 inci dan panjangnya bisa sampai 30 inci. Fulgurites pasir telah ditemukan di gurun Utah dan di atas beberapa puncak yang lebih tinggi dari Wasatch Range.
Coatings atau remah kaca terbentuk pada batuan dari sambaran petir disebut fulgurites rock atau batuan fulgurite. Fulgurites ini ditemukan berupa urat atau saluran bercabang pada permukaan batu atau lapisan fraktur yang sudah ada dalam batuan induk. Fulgurites batuan terutama ditemukan di sekitar puncak gunung.

Puncak gunung adalah penangkal petir alam yang berulang kali dihancurkan oleh sambaran petir selama cuaca buruk. Batu fulgurites dapat ditemukan di seluruh pegunungan di dunia, termasuk pegunungan Alpen Perancis (Mont Blanc), Pyrenees Range, dan pegunungan AS seperti Sierra Nevada, puncak gunung berapi Cascade Range, Rocky Mountains, dan Wasatch Utah Range.

Ini adalah riolit dari puncak Shastina, California,
memiliki kulit batu kaca yang dihasilkan oleh sambaran petir.




Pada tahun 1996 Pusat Internasional untuk Penelitian dan Pengujian Petir
mengekskavasi fulgurite ini hingga kedalaman hampir 6 meter,
kemudian mengambilnya untuk dipajang di museum.
Fulgurite ini dinobatkan sebagai yang terpanjang yang pernah ditemukan


Src : Verfun
Eo : Ahmad Zaman Huri
25.12.14
Metode Pengeboran Putar (Rotary Drilling)
Rotary drilling machine atau mesin bor putar adalah metode pemboran yang menggunakan aksi putaran untuk melakukan Penetrasi terhadap batuan. Pada mesin bor putar lubang bor dibentuk dari pemboran dengan mekanisme putar dan disertai pembebanan. Berdasarkan sistem penetrasinya, metode roraty terdiri dari 2 metode yaitu; system tricone dan drag bit. Tricone bit dengan hasil penetrasinya berupa gerusan dan drag bit dengan hasil penetrasinya berupa potongan (cutting).
Secara umum prinsip kerja operasi mesin bor putar dijabarkan sebagai berikut;
- Lubang dalam formasi dibuat oleh gerakan putar dari pahat untuk mengeruk batuan dan menembus dengan suatu rangkaian batang bor yang berlobang (pipa).
- Rangkaian pipa bor disambungkan pada mesin sumber penggerak dengan berbagai macam alat transmisi, seperti kelly dan rotary table, chuck ataupun langsung.
- Sumber penggerak (mesin bensin, diesel dan sebagainya) atau dengan perantaraan kompresor/motor listrik.
- Pelumas/pendingin (air, lumpur, udara). Cairan pelumas dipompakan lewat pipa, keluar lewat pahar bor kembali lewat lobang bor di luar pipa (casing) atau sebaliknya.
- Pompa sebagai penggerak/penekan cairan pelumas.
- Pipa/batang di atas tanah ditahan/diatur dengan menggantungkannya pada suatu menara/derrick dengan sistem katrol atau dipandu lewat suatu rak (rack) untuk keperluan menyambungnya atau mencabut serta melepaskannya dari rangkaian.
- Untuk memperdalam lubang bor rangkaian pipa bor ditekan secara hidrolik atau mekanik maupun karena bebannya sendiri.
- Conto batuan hasil kerukan mata bor didapatkan sebagai Serbuk bor (drill-cuttings) yang dibawa ke permukaan oleh lumpur bor atau air. Serbuk penggerusan batuan dibawa oleh air ke permukaan sambil mendinginkan mata bor dan juga inti bor (drill core) yang diambil melalui bumbung pengambil inti (core barrel).
- Untuk pengambilan inti mata bor yang digunakan bersifat bolong di tengah sehingga batuan berbentuk cilinder masuk ke dalamnya dan ditangkap oleh core barrel. Mata bor ini biasanya menggunakan gigi dari intan atau baja tungsten.
- Bumbung inti (core barrel) diangkat ke permukaan dicabut dengan mengangkat seluruh rangkaian batang bor ke permukaan setiap kali seluruh bumbung terisi dan dicabut lewat tali kawat (wireline) melalui lubang pipa dengan kabel).
- Pipa selubung penahan runtuhnya dinding lubang bor (casing) dipasang setiap kedalaman tertentu tercapai, untuk kemudian dilanjutkan dengan matabor yang berukuran kecil (telescoping). Pipa selubung dipasang untuk mengatasi adanya masalah seperti masuknya air formasi secara berlebihan (water influks), kehilangan sirkulasi lumpur pemboran karena adanya kekosongan, dalam formasi, atau lemahnya lapisan yang ditembus.
Bor putar memberaikan batuan dengan memutar mata bor dan selain itu juga harus memberikan tekanan pada mata bor. Untuk operasi pengeboran vertikal ke bawah (downward) maka berat dari rangkaian bor secara otomatis akan memberikan tekanan kepada mata bor. Pada kondisi tertentu juga sering digunakan pipa khusus sebagai pemberat (drill collar) tepat di atas mata bor. Disamping itu tekanan juga bisa dihasilkan dari unit transmisi hidrolik mesin bor. Terdapat tiga metode dalam memutar rangkaian bor yaitu:
- Dengan memutar meja putar (rotary table) yang berhubungan langsung dengan pipa (stang bor), dalam hal ini unit pemutar bersifat statis. Putaran vertikal yang dihasilkan oleh mesin penggerak diubah menjadi putaran horisontal oleh sebuah meja putar yang pada bagian bawahnya terdapat alur-alur berpola konsentris.
- Dengan memutar pipa (stang bor) langsung oleh unit pemutar (mesin bor) yang juga ikut bergerak ke bawah (top drive) sehingga unit pemutar bersifat dinamis.
- Memutar mata bor dengan unit turbin pemutar di dalam lubang bor (downhole turbine).
Disamping tenaga putaran, kemajuan pengeboran juga sangat dipengaruhi oleh tekanan yang berasal dari beban rangkaian bor itu sendiri atau ditambah dengan tekanan hidrolik dari pompa mesin bor. Pengeboran putar hidrolik mengkombinasikan tekanan hidrolik, beban rangkaian bor, dan tenaga putaran ke mata bor untuk memberaikan formasi. Top drive adalah salah satu jenis pengeboran yang menggunakan tekanan hidrolik pada unit pemutar dinamis. Sementara pada unit pemutar statis, tekanan hidrolik dari pompa ditransmisikan ke rangkaian bor melalui spindle.
Src : AIOT
Eo : Ahmad Zaman Huri
Metode Pengeboran Tumbuk
Mesin bor tumbuk yang biasa disebut “cable tool” atau “spundder ring” dioperasikan dengan cara mengangkat dan menjatuhkan alat bor berat secara berulang-ulang kedalam lubang bor. Mata bor akan memecahkan batuan terkonsolidasi menjadi kepingan kecil atau akan melepaskan butiran-butiran pada material urai. Kepingan atau hancuran tersebut setelah bercampur dengan air di dalam lubang bor akan membentuk campuran lumpur dengan fragmen batuan (slurry) pada bagian dasar lubang bor. Jika di dalam lubang bor tidak dijumpai, maka perlu ditambahkan air guna membentuk slurry. Jumlah tertentu akan mengurangi daya tumbuk bor. Bila kecepatan laju pemboran sudah menjadi sangat lambat , slurry harus di angkat kepermukaan dengan menggunakan timba (Bailer) atau “Sand pump”.
Beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan laju pemboran (penetrasi) dalam pemboran tumbuk diantaranya adalah:
Beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan laju pemboran (penetrasi) dalam pemboran tumbuk diantaranya adalah:
- Kekerasan lapisan batuan
- Diameter kedalam lubang bor
- Jenis mata bor
- Kecepatan dan jarak tumbuk
- Beban pada alat bor
Peralatan peralatan utama dari bor tumbuk :
- Tenaga Penggerak, biasanya berupa mesin dan listrik. Pada mesin penggerak itu ada klos-klos (spindle) untuk tempat kabel.Dengan perantaran handel-handel (satu untuk menggulung dan mengulur dan lainnya untuk mengerem) kabel dapat diatur. Bila di inginkan menumbuk , kabel itu mula-mula digulung. Pahat dengan sendirinya akan terangkat. Setealah cukup tinggi, handel rem dilepaskan.Dengan demekian pahat akan menumbuk batuan dibawahnya.
- Menara, Kebanyakan Menara bor tumbuk terdiri dari ataas satu tiang yang sudah menjadi satu dengan kendaraan (build in). Karena itu menra tersebut dinamakan menara "single pole". Untuk mendirikan dan merobohkannaya, cukup dengan handel saja. Pada waktu pemboran sebaiknya "swivel" dan meja putar dikesampingkan agar tidak terkena tumbukan.
- Kabel, dibuat dari baja dan digulung pad klos-klos mesin penggerak.Dengan melalui kerekan, kabel itu selanjutnya dihubungkan dengan pahat. Panjang kabel itu 25 mm atau 50 m, dan seterusnya menurut kebutuhan.
- Pahat. dibuat dari baja juga.
- Pipa Pelindung (casing), unntuk menjaga agar lubang bor yang telah jadi tidak kembali runtuh. Bila sukar cara memasukkan pipa tersebut, dilakukan dengan tumbukan juga.
- Timba, Bor tumbuk dinamakan pula bor kering, artinya tidak menggunakan cairan untuk pembilasan (flushing). Berarti Pompa air yang biasanya sudah ada pad kendaraan bor tidak berfungsi lagi. Karena Bor tumbuk tidak menggunakan pompa air, maka dalam transportnya lebih ringan daripada bor putar.
- Kapasitas mesin bor tunbuk sangat tergantung pada berat perangkat penumbuk yang merupakan fungsi dari diameter mata bor, diameter dan panjang drill-stemnya. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan mesin bor tumbuk jika dibandingkan denngan mesin bor putar dapat dijelaskan sebagai berikut:
Src : AIOT
Eo : Ahmad Zaman Huri
Premium akan Ditiadakan, Harga Pertamax Bakalan Turun
Tim Reformasi Tata Kelola Migas merekomendasikan PT Pertamina (Persero) untuk menghentikan impor bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin RON 88 atau premium. Artinya, bila rekomendasi tersebut dilaksanakan, akan terjadi kelangkaan premium di pasaran. Bahkan, suatu saat BBM jenis premium tidak akan lagi diperjualbelikan.
Sebagai gantinya, BBM yang akan dijual di pasaran adalah jenis RON 92 atau pertamax. Ternyata, wacana tersebut masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Sejumlah warga tampak terkejut dan mengernyitkan kening saat ditanyakan hal tersebut.
Antrean pengendara motor mengisi bahan bakar di SPBU Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (17/11/2014). Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga bahan bakar premium dari Rp 6.500 menjadi Rp 8.500 dan solar dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500 terhitung mulai Selasa (18/11/2014) pukul 00.00.
"Serius premium enggak akan dijual lagi? Waduh, tambah mahal saja dong mau isi bensin," ujar Catur Yulisman (45), pengendara sepeda motor, Rabu (24/12/2014). [Baca: Tim Anti-Mafia Migas Rekomendasikan Penghapusan Impor Premium]
Warga Tanah Abang itu mengaku keberatan dengan wacana kebijakan tersebut. Menurut dia, pencabutan subsidi premium beberapa waktu lalu saja sudah membebani masyarakat, apalagi penghapusan premium di pasaran.
Menurut Rendi Rahadian (28), pengendara motor lainnya, penghapusan premium sebetulnya memberatkan. Namun, bila harga pertamax diturunkan, itu tidak akan terlalu menjadi masalah. [Baca: Pemerintah Masih Pikir-pikir Stop Impor Premium]
"Kalau premium enggak ada, harga pertamax turun ya? Seharusnya sih begitu, biar masyarakat, terutama rakyat kecil, enggak terlalu susah," ujar karyawan swasta yang mengaku sudah beralih menggunakan pertamax sejak harga premium naik ini.
Sebagai informasi, saat harga premium naik jadi Rp 8.500 bulan lalu, sedangkan harga pertamax mengalami penurunan di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina dari Rp 10.500 menjadi Rp 9.950. Tujuannya adalah supaya masyarakat beralih menggunakan pertamax.
"Beda seribuan doang mending pakai pertamax, kualitasnya kan lebih bagus, lebih hemat," kata Rendi. Namun, bagi Hasby (30), pengendara sepeda motor, keputusan menghilangkan premium di pasaran akan berdampak besar, terutama untuk inflasi harga.
"Ini sama saja seperti naikin harga BBM. Dampaknya merembet ke yang lain-lain, efek dominolah," ucap pria berkacamata ini.
Src : Kl
Eo : Ahmad Zaman Huri
Subscribe to:
Posts (Atom)